SK Pembentukan Fakultas

Milestone ITTP dan Fakultas

Tonggak lahirnya fakultas di Institut Teknologi Telkom Purwokerto di dasarkan pada perubahan kelembagaan Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang dulunya adalah Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto. Institut Teknologi Telkom Purwokerto resmi menjalankan fungsinya sebagai organisasi pendidikan tinggi sesuai Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 446/KPT/I/2017 tentang izin Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto menjadi Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom.

Selanjutnya Institut Teknologi Telkom Purwokerto melakukan perubahan Sturkutur Organisasi dan Tata Kelola dalam hal ini adalah membentuk 2 (dua) Fakultas yaitu Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE) dan Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII). Hal ini ditetapkan dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto Nomor IT Tel 1763/SET-000/REK-00/IX/2017 tentang Pembentukan Fakultas di Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Saat itu Fakultas FTII dengan jumlah Program Studi sebanyak 5 (lima) meliputi: S1 Teknik Informatika; S1 Sistem Informasi; S1 Rekayasa Perangkat Lunak; S1 Teknik Industri; dan S1 Desain Komunikasi Visual.

Seiring berkembangnya organisasi ITTP, pada tanggal 30 Januari 2020, ditetapkan pemekaran Fakultas FTII menjadi 2 (dua) Fakultas baru yaitu Fakultas Informatika (FIF) dan Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID). Hal ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto Nomor IT Tel 240/SET-000/REK-00/I/2020 tentang Pemekaran Fakultas Teknologi Industri dan Informatika. Adapun Fakultas Informatika terdiri atas 4 (empat) Program Studi yaitu: S1 Teknik Informatika; S1 Sistem Informasi; S1 Rekayasa Perangkat Lunak; dan S1 Sains Data (izin pendirian sesuai SK Mendikbud RI Nomor 49/M/2020 tanggal 10 Januari 2020).